Visi Misi Kabupaten Indramayu

VISI KABUPATEN INDRAMAYU

INDRAMAYU BERMARTABAT

“Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat.”

 

Bersih :

Pemerintahan yang Tulus, Ikhlas, dan Suci.
Transparan dalam Pengelolaan dan Penataan Pemerintahan.

Religius :

Nilai-Nilai Agama Mendasari Setiap Sikap dan Perilaku Dalam Pengelolaan Pemerintah yang Tercermin Dalam Kehidupan Bermasyarakat Atas Terciptanya Kebijakan Pemerintahan dan Aktivitas Masyarakat.

Maju :

Diartikan Bahwa Masyarakat Indramayu, Cerdas, Terampil, Bergerak Dinamis, Kreatif, Inovatif Serta Tangguh Menghadapi Tantangan, Yang Ditandai Dengan Pertumbuhan Penduduk Yang Kecil, Angka Harapan Hidup Yang Tinggi Dan Kualitas Pelayanan Sosial Yang Lebih Baik Dan Produktifitas Semakin Tinggi.

Adil :

Keadaan Yang Dicirikan Dengan Sifat Perbuatan Danperlakuan Yang Mengedepankan Kesetaraan Dalam Pengambilan Keputusan/Kebijakan Yang Tidak Diskriminatif Yang Hanya Menguntungkan Sekelompok Tertentu Golongan Dalam Masyarakat.

Makmur:

Kehidupan Yang Layak Merupakan Hak Mutlak Dari Masyarakat Indramayu Yang Ditandai Dengan Bebas Dari Kemisikinan Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Negara Melalui Pemerintah Daerah.

Hebat :

Terciptanya Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Dan Bersih (Good Governance Dan Clean Governance). Daya Saing Daerah Yang Tinggi Sehingga Mampu Lebih Unggul Dibandingkan Dengan Daerah Lain, Masyarakat Yang Berkualitas Dalam Pendidikan, Maju Dalam Ilmu Pengetahuan Dan Tekhnologi, Tanggap Dan Responsif Dalam Menghadapi Tantangan Global.

 

MISI KABUPATEN INDRAMAYU

SAPTA NATA MULIA JAYA

“Tujuh Penataan Menuju Mulia dan Jaya”

 

1. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Melayani, Melindungi, Bersih, Bebas Korupsi, Kolusi.Nepotisme, Transparan, Akuntabel, Profesional Dandemokratis, Dengan 3 (Tiga) Program Prioritas, Yaitu : Peningkatan Sarana Dan Prasarana Aparatur, Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur dan Pembinaan Dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

 

2. Peningkatan Pelayanan Kehidupan Beragama, Kepercayaan, Pemahaman Dan Pengamalan Agama, Serta Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Dan Budaya Dalam Bingkai  Kebangsaan Bhineka Tunggal Ika, Mencakup 6 (Enam) Program Prioritas, Yaitu : Pembinaan Keagamaan, Pendidikan Keagamaan, Pembinaan Wawasan Kebangsaan, Pengelolaan Kekayaan Budaya, Pengelolaan Keragaman Budaya, Pembinaan Politik Dalam Negeri.

 

3. Terpenuhinya Kebutuhan Sandang, Pangan, Dan Papan Dalam Jumlah Dan Kualitas Yang Memadai Dan Merata, Mencakup 4 (Empat) Program Prioritas, Yaitu : Peningkatan Kesempatan Kerja, Pengembangan Kewirausahaan, Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni, Peningkatan Kedaulatan Pangan.

 

4. Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Yang Layak Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan Melalui Peningkatan Sumber Daya Sehingga Mampu Berdikari, mencakup 5 (Lima) Program Prioritas, Yaitu : (1) Pengentasan Kemiskinan, (2) Perlindungan Tenaga Kerja Dan Pengembangan Lembaga Ketenaga Kerjaan, (3) Pengembangan Industri Kecil Dan Menengah,(4) Pengembangan Destinasi Pariwisata, (5) Pengembangan Pemasaran Pariwisata.

 

5. Peningkatan Pelayanan Pendidikan, Kesehatan Dan Pertumbuhan Ekonomi, Mencakup 13 (Tiga Belas) Program Prioritas, Yaitu : (1) Peningkatan Mutu Dan Tenaga Kependidikan, (2) Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat, (3) Wajib Belajar Sembilantahun, (4) Pendidikan Nonformal, (5) Pelayanan Kesehatan Dasar ,(6) Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit, (7) Peningkatan Pelayanan Kesehatan Ibu, Bayi Dan Anak, (8) Perlindungan Anak, (9) Pengembangan Sistem Pendukung Usaha Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah, (10) Peningkatan Iklim Investasi Dan Realisasi Investasi, (11) Peningkatan Promosi Dan Kerjasama Investasi, (12) Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Perdesaan, (13) Pengembangan Lembaga Ekonomi Perdesaan.

 

6. Peningkatan Pelaksanaan Pembangunan Disegala Bidang Sehingga Terpenuhinya Kebutuhan Masyarakat Secara Adil Dan Merata, Mencakup 5 (Lima) Program prioritas, yaitu: (1)Pemeliharaan, Rehabilitasi Peningkatan Pembangunan Jalan Dan Jembatan, (2)pemeliharaan Rehabilitasi Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air, (3) Infrastruktur Strategis Pendukung Kegiatan Sosial, Ekonomi Dan Pemerintahan,(4) Penataan Kawasan Permukiman, (5) Tata Ruang.

 

7. Mewujudkan Indramayu Sebagai Daerah Yang Unggul Dan Memiliki Daya Saing Melalui Kemandirian Ekonomi Berbasis Sumber Daya Alam Dan Pengembangan Industri Pertanian, Perikanan Dan Migas, Mencakup 10 (Sepuluh) Program Prioritas, yaitu : (1) Peningkatan Produksi Dan Mutu Tanaman Pangan, (2) Peningkatan Produksi Dan Mutu Tanaman Hortikultura, (3) Peningkatan Produksi Dan Mutu Tanaman Perkebunan, (4) Pemberdayaan Sumber Daya Pertanian,(5) Pengembangan Sarana Dan Prasarana Perikanan Dan Kelautan, (6) Pengembangan Perikanan Tangkap, (7) Pengembangan Budidaya Perikanan, (8) Penyediaan/Rehabilitasi Sarana, Prasarana Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Perikanan Dan Kelautan, (9) Peningkatan Kapasitas Sdm Perikanan Dan Kelautan, (10) Peningkatan Industri Pengolahan.

Scroll to Top