UPTD Perikanan dan Kelautan Pasekan

Kabupaten Indramayu adalah salah satu wilayah dengan kondisi ekologis dan geografis yang potensial untuk pengembangan usaha perikanan dan kelautan yang menyeluruh meliputi perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan hasil perikanan dan kelautan dan produksi garam rakyat. Dengan potensi yang dimiliki, maka Kabupaten Indramayu memiliki kontribusi perikanan dan kelautan terbesar di Propinsi Jawa Barat.  Yaitu kegiatan perikanan tangkap meliputi penangkapan ikan di laut dan di perairan umum. Kegiatan budidaya perikanan meliputi budidaya ikan di tambak air payau, budidaya ikan di kolam air tawar dan budidaya ikan di laut. Kegiatan pengolahan hasil perikanan dan kelautan menjadi faktor pendorong upaya peningkatan produksi perikanan dan kelautan di Kabupaten Indramayu. Kegiatan produksi garam rakyat merupakan daerah penghasil produksi garam terbesar di Jawa Barat.

Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia menetapkan Program Industrialisasi Perikanan dan Kelautan sebagai bagian dari strategi besar (grand strategy) KKP dengan pendekatan konsep “Revolusi Biru”. Peningkatan produksi kelautan dan perikanan diupayakan agar dapat meningkatkan pendapatan nelayan serta pembudidaya ikan. Peningkatan pendapatan ini merupakan salah satu isu strategis daerah dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui sektor daya beli. Pembangunan sektor perikanan dan kelautan merupakan salah satu program unggulan daerah di Kabupaten Indramayu.

KKP akan Kembangkan Pelelangan Ikan Muara Baru | Republika OnlineMelalui program ini, Pemerintah Kabupaten Indramayu memiliki arah kebijakan umum yang bersinergi dengan gagasan atau kebijakan KKP-RI dengan menempatkan peningkatan produksi sektor perikanan dan kelautan.  Peningkatan produksi perikanan dan kelautan di Indramayu meliputi perikanan tangkap, perikanan budidaya, produksi garam rakyat dan pengolahan hasil perikanan dan kelautan.

Mayoritas Kapal Nelayan Sandar di Luar Indramayu - radarcirebon.com

Tujuan dari Penyusunan Profil Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu adalah agar tersedianya data/informasi yang memadai  dalam rangka meningkatkan kemampuan manajemen dan pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan yang optimal dan lestari, serta tujuan khusus yaitu:

  1. Menyediakan data/informasi umum potensi sumberdaya perikanan dan kelautan di Kabupaten Indramayu.
  2. Menyediakan data/informasi tentang upaya-upaya pengelolaan sumber daya perikanan dan kelautan di Kabupaten Indramayu.
  3. Menyediakan data/informasi untuk bahan penyusunan perencanaan program sektor perikanan dan kelautan di tahun mendatang pada sektor perikanan pada skala lokal dan nasional.
Scroll to Top